Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan..

Bagaimana caranya menggunakan RSS?

Disini, di GetUSB.info, kami sering menerima email yang menanyakan tentang fitur RSS feed yang kami sediakan dan bagaimana cara menggunakannya. Sekarang kita akan bahas mengenai RSS feed ini, dan bagaimana caranya mengunakannya, serta bagaimana cara mevalidasinya.
Apa itu RSS
Bagaimana caranya menggunakan RSS?
Bagaimana caranya memperoleh news reader?
Dapatkah saya menggunakan feeds ini pada website saya?
Bagaimana caranya mevalidasi?
Apa itu RSS?
RSS singkatan dari Really Simple Syndication. Teori RSS sangat sederhana, yaitu informasi pada sebuah website diberikan kepada Anda bukan sebaliknya anda yang mendatangi website tersebut untuk mendapatkan informasi. Contohnya anda menyukai olahraga, biasanya Anda akan mengunjugi website seperto ESPN.com. namun dengan RSS Anda tidak perlu mengunjungi website ESPN.com untuk mendapatkan informasi olahrag, karena informasi tersebut dapat diantar kepada Anda ke lokasi yang Anda inginkan (biasanya sebuah Feed reader).
RSS secara realtime akan mengupdate isi (content) mengikuti website sumbernya sehingga Anda akan menerima berita atau artikel terbaru baik berupa teks, photo, audio, maupun video seketika mereka mem-publish-nya, dan Anda tidak perlu repot-repot mengingat website mana yang akan dikinjungi setiap hari.
Bagaimana Caranya menggunakan RSS?
Cara yang paling mum digunakan untuk mengintegrasikan RSS adalah dengan menggunakan “customized homepage” yang disediakan oleh Google, Yahoo, ataupun MSN. “customized homepage” ini sudah memiliki fitur “RSS news reader”.
Perlu diketahui bawhwa tidak semua website menyediakan RSS, namun jangan khawatir karena RSS semakin populer belakangan ini. Dankabarbaiknya bahwa GetUSB.info juga menyediakan fitur RSS bagi siapa saja yang tidak mau ktinggalan bertita tentang “USB powered gadgets”.
Bagaimana caranya memperoleh “News Reader”?
Ada bermacam-macam news reader yang bisa anda dapatkan secara gratis. Rata-rata search engine menyediakan fitur ini yang biasanya dapat diakases melalui “customized homepage” atau “start page”, misalnya kalo Google dengan iGoogle-nya. Namun ada juga yang berupa aplikasi/software khusus yang bisa didownload. Namun yang kami anjurkan adalah gunakan yang berbasis browser karena hal ini akam memudahkan anda.
Setelah Anda menentukan RSS reader mana yang akan Anda gunakan, selanjutnya anda tinggal pilih content mana yang Anda inginkan secara otomatis memlalui RSS. Anda dapat melakukannya dengan cara meng-click logo RSS untuk berlangganan. Sebagai contoh, jika anda ingin berlangganan berita tentang USB yang disediakan oleh GetUSB.info, silakanklik logo RSS-nya atau klik langsung tombol “add to your homepage for Google, Yahoo or MSN”
Bisakah memanfaatkan feeds ini untuk website saya?
RSS juga memberikan keuntungan lain bagi webmaster, kaerna dapat memanfaatakn teknologi ini untuk mengupdate isi websitenya secara otomatis. Namun tentu saja tepa harus memberikankredit bagi sumber aslinya.
NEWS READERS
Windows
Mac OS X
Web
Browser
News reader juga dapat Anda temui pada web browser seperti Firefox, Opera, dan Safari. Browser ini secara otomatis akan mengecek Fed setiap kalo Anda mengunjungi sebuah website.
Bagaimana cara mengetahui bahwa sebuah RSS itu bekerja dengan Baik?
Untuk memastikan bhwa sebuah RSS feed itu valid atau tidak dari segi web pramming atau webaster, Anda dapat menggunakan Feedvalidator.org, namun ini tidak penting bagi Anda yang sekedar ingin membaca-baca berita atau atikel.
Kesimpulannya, jika Anda belum pernah mencoba RSS, segera coba sekarang juga karena ini akan memudahkan hidup Anda, Anda dapat membaca semua berita yang Anda inginkan dari satu halaman saja, tidak perlu repot-repot kesana-kemari mengungjungi situs situs yang jumlahnya sangat banyak. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger