Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan..

“Makna Berbakti Kepada Orang Tua”

Assalam ..
Sesungguhnya berbuat baik kepada orang tua itu adalah suatu kewajiban bagi setiap insan di muka bumi ini dan dosa besar hukuman bagi setiap anak yang tidak berbakti kepada kedua orang tuanya, sampai-sampai kita dilarang untuk berucap ah” apalagi sampai membentak kedua orangtua kita, segeralah kita berbakti kepada kedua orangtua kita sebelum semuanya terlambat, semua ini temaktub dalam ayat suci Al-Qur’an.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” (QS. 17 : 23).

Coba kita perhatikan konteks dalil dari ayat suci Al-Qur’an di atas ini,kita diperintahkan oleh yang Maha Kuasa agar memperlakukan kedua orangtua kita dengan baik, keluarkanlah kata-kata yang baik dan mulia, jangan sampai ada kata-kata yang menyakiti mereka, apalagi sampai membuat mereka marah besar atas perbuatan zolim kita, hindarilah semua itu, takutlah kita akan siksa Alloh SWT.

“Kamu sekali-sekali tidak dapat bersembunyi dari kesaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu kepadamu bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan.” ( QS. 41 : 22 )

Penuhilah apa yang menjadi kebutuhannya, tunaikanlah haknya, gaulilah mereka dengan sebaik-baiknya, sesuai kemampuan kita...

Wassalam..

1 komentar:

Affan mengatakan...

Ilmu yang akan menjadi berkah..

Posting Komentar

 
Powered by Blogger